1. Kata sejarah diambil dari kata ‘syajarah’,atau ‘syajaratun’, yang berasal dari bahasa …
a. Arab d. Inggris
b. Sanksekerta e. Belanda
c. Kawi
2. Kata yang bararti masa lampau adalah ….
a. sajaratun d. story
b. syajaroh e. history
c. istoria
3. Kehidupan manusia dan arti kata sejarah ada hubungan erat mengenai …
a. peristiwa yang hanya sekali terjadi
b. peristiwa yang terus menerus terjadi
c. proses yang terus menerus berlangsung
d. proses pertumbuhan yang berakhir masa kini
e. peristiwa yang pernah terjadi dan kaan terjadi lagi
4. Peristiwa sejarah hanya sekali terjadi, pernyataan tersebut menunjukkan sejarah merupakan peristiwa yang …
a. penting d. sakral
b. unik e. utuh
c. abadi
5. Inti pengertian yang menyatakan bahwa sejarah adalah segala sesuatu yang telah dilakukan manusia di masa lampau dikemukakan oleh …
a. Nugroho Notosusanto d. Patrik Gardier
b. W.H. Wals e. J. V. Brice
c. Soekarno
6. Apabila kita membuat ‘sosiodrama’, untuk peristiwa Penyobekan Bendera Merah Putih di Hotel Yamato Surabaya untuk di presentasikan di depan kelas, hal tersebut termasuk …
a. Sejarah sebagai suatu peristiwa d. sejarah sebagai kisah
b. oral history e. sejarah ilmiah
c. life history
7. Untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau, sejarah telah memformulasikan dalam lima pertanyaan, salah satunya adalah where, yakni menunjukkan kepada …
a. tempat peristiwa terjadi
b. proses terjadinya peristiwa sejarah
c. waktu terjadinya peristiwa sejarah
d. peristiwa yang terjadi pada masa lamapau
e. adanya hubungan sebab akibat dalam peristiwa sejarah
8. Sejarawan dapat menyusun peristiwa – peristiwa masa lampau menjadi kisah yang menarik, berdasarkan …
a. imajenasi si penulis
b. kritik dan interpretasi penulis
c. jejak sejarah yang ditinggalkan
d. ramalan para tokoh sejarahwan
e. sumber benda pada masa lalu
9. Menurut Sartono Kartodirjo, dengan mempelajari sejarah diharapkan…
a. menghargai sejarah bangsanya
b. generasi muda akan cinta kepada bangsanya
c. generasi muda akan dapat menggambil hikmah akan pengalaman bangsanya masa lalu
d. kebudayaan umat manusia dapat di wariskan kepada generasi muda
e. mengembangkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda
10. Pengajaran sejarah di sekolah – sekolah sangat penting, sebab dapat mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme, hal tersebut termasuk sejarah memberi…
a. pendidikan d. ilham
b. pengajaran e. hiburan
c. kesadaran bangsa
11. Pembatasan waktu dalam sejarah adalah penting dalam kesinambungan dimensi waktu yang lalu, sekarang, dan masa yang akan\ datang. Sehingga ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu …
a. waktu tertentu
b. waktu yang lalu
c. waktu sekarang
d. waktu yang berkelanjutan
e. waktu yang lalu hingga sekarang
12. Peristiwa berurutan merupakan objek studi sejarah sebagai ilmu, karena …
a. sejarah menitik beratkan pada urutan waktu sebagai kajian
b. sejarah tidak lepas dari waktu sebagai pokok kajian
c. waktu merupakan unsur pokok dalam kajian sejarah
d. waktu dalam kajian sejarah terdiri dari, masa lalu, masa sekarang dan akan datang
e. waktu yang urut memudahkan belajar sejarah
13. Dasar penentuan pembabakan waktu dalam sejarah bervariasi, yakni dapat ditentukan oleh faktor – faktor, kecuali …
a. waktu d. politik
b. ruang e. ekonomi
c. mistik
14. Mempelajari sejarah berguna sebagai pesona perlawatan (rekreasi), hal ini termasuk manfaat …
a. memberi pelajaran d. memberi ilham
b. memberi pengajaran e. memberi hiburan
c. memberi pendidikan
15. Memahami sejarah sebagai mana adanya, dikenal dengan istilah …
a. historie – recite d. historie - repete
b. historie – preceptie e. historie – subjective
c. historie – realiti
16. Pembabakan waktu dalam ilmu sejarah, dikenal dengan istilah …
a. kronik d. pemaparan
b. kronologi e. interpretasi
c. periodisasi
17. Ekspedisi Coernelis de Houtman, berhasil singgah di Banten 1596 M, pernyatan tersebut termasuk ….
a. sejarah sebagai kisah
b. sejarah sebagai peristiwa
c. sejarah sebagai ilmu
d. sejarah sebagai seni
e. sejarah sebagai petualangan sorang tokoh
18. Peristiwa sejarah adalah peristiwa yang unik, maksudnya adalah …
a. peristiwa yang aneh
b. peristiwa yang khusus
c. peristiwa sepanjang masa
d. peristiwa yang menyangkut kehidupan manusia
e. peristiwa yang hanya satu kali terjadi dan tidak pernah terualng lagi
19. Objek kajian sejarah adalah ….
a. manusia dan mahluk hidup
b. manusia dan alam sekitar
c. kejadian di masa lalu yang merupaklan sebab akibat
d. peristiwa yang paling awal kejadiannya
e. sumber yang disusun secara sistimatis
20. Perlawanan Patimura menentang Belanda tahun 1817, merupakan sejarah sebagai …
a. peristiwa d. kisah
b. seni e. ilmu
c. fakta sejarah
21. Ilmu sejarah selalu mengikuti perkembangan gerak kemajuan manusia serta kebudayaan, hal ini menunjukkan bahwa ilmu sejarah bersifat …
a. statis d. tetap
b. dinamis e. tidak bergerak
c. maju
22. Belajar sejarah besar manfaatnya bagi suatu bangsa sebab ….
a. dapat memahami kehidupan masa lampau
b. dapat mengenal peristiwa yang terjadi pada masa lampau
c. dapat memahami gambaran secara utuh kehidupan suatu bangsa pada masa lampau
d. dapat mengenal tokoh sejarah di masa lampau
e. dapat dijadikan pedoman kehidupan suatu bangsa dalam menyongsong kehidupan masa yang akan datang
23. Langkah pertama yang dilakukan keluarga dalam mewariskan masa lalunya dengan cara …
a. mewariskan hartanya
b. memberikan pendidikan secukupnya
c. menuntut agar tertib
d. mengajarkan etika (sopan santun)
e. mendorong agar masa lalunya dapat di kembangkan
24. Tradisi lisan terutama masih hidup pada …
a. masyarakat sejarah
b. negara – negara maju
c. negara industri maju
d. measyarakat yang tingkat melek hurufnya rendah
e. masyarakat yang bebas buta huruf
25. Tujuan masyarakat mewariskan masa lalunya kepada generasi yang lebih muda dengan alasan …
a. agar generasi sekarang dapat membuat silsilah keluarga
b. agar pengetahuan generasi sekarang bertambah
c. agar generasi sekarang dapat hidup sejahtera
d. agar generasi berikut dapat melanjutkan masa lalu tersebut
e. agar generasi selanjutnya dapat memperbaiki masa lalu tersebut
26. Legenda tentang mahluk halus seperti hantu, gondoruwo, sundel bolong dll, termasuk …
a. legenda keagamaan
b. legenda perorangan
c. legenda setempat
d. legenda alam lain
e. legenda tentang laam gaib
27. Dibawah ini termasuk ciri foklore, kecuali …
a. bersifat tradisionil
b. bersifat anomin
c. hadir dalam fersi yang monoton
d. menjadi milik bersama
e. penyebarannya secara lisan
28. Cerita dongeng merupakan salah satu cara masyarakat mewariskan masa lampaunya melalui …
a. Keluarga d. teman sepermainan
b. Sekolah e. kepala suku
c. masyarakat
29. Pertujukan wayang dari masa prasejarah hingga sekarang tetap eksis. Fungsi wayang atau pertujukan wayang pada mulanya adalah …
a. pemujaan roh nenek moyang
b. sebagai sarana berkumpulnya masyarakat
c. ajang pertemuan warga masyarakat
d. sarana hiburan rakyat
e. media pendidikan rakyat
30. Contoh dibawah ini yang termasuk legenda setempat adalah …
a. Cerita Sangkuriang dan Loro Jongrang
b. Cerita Panji dan Jayengrono
c. Nyai Roro Kidul dan Joko Tarub
d. Cerita Sundel Bolong dan Gondoruwo
e. Cerita Calon Arang dan Mpu Barada
31. Legenda Gunung Tangkuban Perahu merupakan legenda dari daerah ….
a. Jawa Barat d. Bali
b. Jawa Timur e. Madura
c. Jawa Tengah
32. Mite adalah cerita rakyat dalam bentuk prosa yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang punya cerita. Tokoh – tokoh yang tampil dalam mite adalah …
a. raja – raja besar
b. orang yang penting pada jamannya
c. mahluk halus
d. dewa atau mahluk setengah dewa
e. orang yang dianggap berkharisma
33. Adat dan tata cara penguburan jenasah di Indonesia mempunyai beberapa macam bentuk dan tahap (proses), sepeti upacara pembakaran mayat di Bali yang disebut dengan …
a. Tiwah d. Nyewu
b. Ngaben e. Kremasi
c. Geblak
34. Cerita Roro Anteng dan Joko Seger masyarakat Tengger lereng Gunung Bromo merupakan …
a. Mite d. Dongeng
b. Legenda e. Sejarah lokal
c. Animisme
35. Berikut ini adalah fungsi nyanyian rakyat, kecuali …
a. legitimasi sebuah suku
b. menyampaikan ramalan
c. memelihara sejarah setempat
d. merupakan aspek mitos
e. proses sosial
36. Rumah tradisional berbentuk Joglo banyak ditemukan pada rumah tinggal masyarakat Indonesia, bangunan tersebut bentuk akulturisasi budaya lokal dengan …
a. Budaya Eropa (Belanda)
b. Budaya Hindu - Budha
c. Budaya Jawa
d. Budaya setempat
e. Budaya Islam
37. Kerajinan tangan adalah salah satu bentuk …
a. foklore otentik d. foklore non lisan
b. foklore lisan e. legenda
c. mitologi
38. Dibawah ini merupakan ciri – ciri foklore, kecuali….
a. bersifat tradisional
b. bersifat anonim
c. hadir dalam fersi yang monoton
d. menjadi milik bersama
e. penyebarannya secara lisan
39. Cerita raja – raja Jawa, cerita Ken Arok, cerita Prabu Jayabaya, merupakan contoh dari …
a. historiografi nasional
b. historiografi internasional
c. historiografi tradisional
d. historiografi kolonial
e. historiografi komunal
40. Historiografi kolonial biasanya ditulis oleh …
a. Orang Indonesia dan bersifat Indonesia sentris
b. Orang kolonialis dan bersifat kolonial sentris
c. Pujangga Istana dan bersifat istana sentris
d. Orang – orang jawa dan bersifat Jawa sentris
e. Orang Belanda dengan mewawancarai orang – oran g di tanah kolonial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar